KISI-KISI PTS PJOK KELAS VII
Tanggal : 24/09/2018KISI – KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN TENGAH SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Sekolah : SMP Negeri 1 Kembaran Alokasi Waktu : 90 menit
Mata pelajaran : PJOK Jumlah Soal PG : 20 butir
Kurikulum : 13 Jumlah Soal Isian : 10 butir
Penulis : Drajat Yatirun, S.Pd Jumlah Soal Uraian : 5 butir
No. Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Referensi / Buku Sumber |
||
1. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
|
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli. |
Peserta didik dapat menentukam cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal dalam permainan bola voli . |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
2. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli. |
Peserta didik dapat menentukan nama serangan pertama untuk memulai permainan bola voli. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
3. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli. |
Peserta didik dapat menentukan gerakan, pada waktu bola datang, bola didorong dengan jari-jari tangan dan perkenaannya melalui ruas pertama dan kedua dari jari telunjuk sampai kelingking, sedangkan ibu jari hanya pada ruas pertama saja |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
4. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli. |
Peserta didik dapat menentukan gerak membendung bola yang datang dari arah lawan yang dilakukan di dekat net oleh seorang atau lebih pemain depan. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
5. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli. |
Peserta didik dapat menentukan salah satu faktor keberhasilan servis. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
6. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola basket |
Peserta didik dapat menentukan tujuan utama permainan bola basket |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
7. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola basket |
Peserta didik dapat menentukan salah satu pelanggaran yang terjadi saat melakukan drible pada permainan bola basket.
|
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
8. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola basket |
Peserta didik dapat menentukan operan yang digunakan untuk jarak pendek. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
9. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola basket. |
Peserta didik dapat menentukan teknik untuk menghindari bola dari raihan (serobotan) lawan yang tinggi atau jangkung, maka digunakan gerakan. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
10. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola basket. |
Peserta didik dapat menentukan salah satu tehnik dasar permainan bola basket. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
11. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Jalan cepat. |
Peserta didik dapat menentukan Yang tidak diperbolehkan dalam melakukan gerakan jalan cepat. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
12. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lari jarak pendek |
Disajikan gambar start jongkok , peserta didik dapat menentukan tahapan gerakan start. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
13. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lari jarak pendek |
Peserta didik dapat menentukan start yang digunakan dalam lari jarak pendek. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
14. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lari jarak pendek |
Peserta didik dapat menentukan tumpuan dan pendaratan yang benar pada lari jarak pendek. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
15. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lari jarak pendek |
Peserta didik dapat menentukan cara memasuki garis finish lari jarak pendek.
|
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
16. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Disajikan gambar atlit melakukan lompat jauh , peserta didik dapat menentukan gaya lompat jauh. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
17. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menentukan cara mendarat yang benar pada lompat jauh.
|
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
18. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menentukan letak fase gaya lompat tinggi. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
19. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menentukan ketepatan tumpuan dapat dicapai dengan perencanaan jumlah langkah. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
20. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menentukan Cara melakukan tumpuan lompat jauh yang benar. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
1 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola basket |
Peserta didik dapat menuliskan nama lemparan untuk memulai permainan bola basket. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
2 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola basket |
Peserta didik dapat menuliskan jumlah pemain bola basket. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
3 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli |
Peserta didik dapat menuliskan teknik yang efektif untuk memberikan umpan ke smasher. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
4 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli |
Peserta didik dapat menuliskan cara menyatukan pada teknik pasing bawah. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
5 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli |
Peserta didik dapat menuliskan cara posisi kaki kaki pada saat persiapan pasing bawah. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
6 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lari jarak pendek |
Peserta didik dapat menuliskan arah ayunan tangan tehnik lari jarak pendek. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
7 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lari jarak pendek |
Peserta didik dapat menuliskan sebutan pelari jarak pendek. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
8 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menuliskan junlah hak kesempatan melompat bagi pelompat jauh. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
8 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menuliskan junlah hak kesempatan melompat bagi pelompat jauh. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
9 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menuliskan kaki tumpuan loampat jauh. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
10 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menuliskan cara untuk mengurangi cedera pada waktu pendaratan pada lompat jauh. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
1 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau radicional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau radicional *) |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menyebutkan 4 tehnik dasar dalam permainan bola basket. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
2 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli |
Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan antara passing bawah dan passing bawah dalam permainan bola voli. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
3 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Jalan cepat |
Peserta didik dapat menuliskan perbedaan antara jalan dan lari. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
4 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lari jarak pendek |
Peserta didik dapat menuliskan cara melakukan start pendek. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|
||
5 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menuliskan 4 fase gerakan lompat jauh. |
Buku penjaskelas 7 pegangan siswa |
||
Kembali ke Atas
Info Sekolah Lainnya :