KISI-KISI PTS PJOK KELAS VIII
Tanggal : 24/09/2018KISI – KISI PENYUSUNAN SOAL
PENILAIAN TENGAH SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Sekolah : SMP Negeri 1 Kembaran Alokasi Waktu : 90 menit
Mata pelajaran : PJOK Jumlah Soal PG : 20 butir
Kurikulum : 13 Jumlah Soal Isian : 10 butir
Penulis : Drajat Yatirun, S.Pd Jumlah Soal Uraian : 5 butir
No. Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Referensi / Buku Sumber |
||
1. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
|
Permainan bola besar menggunakan permainan Bola Voli. |
Disajikan gambar posisi pemain Bola Voli , peserta didik dapat menentukan pemian yang boleh melakukan smash.. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
2. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan Bola Voli. |
Disajikan gambar posisi pemain bola voli pada soal nomer 1 , peserta didik dapat menentukan pemian yang melakukan servis berikutnya. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
3. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli. |
Peserta didik dapat menentukan arah lambungan bola yang benar saat melakukan tahap gerak teknik dasar servis. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
4. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan Bola Voli. |
Peserta didik dapat menentukan gerakan badan yang benar pada teknik dasar servis atas saat bola dilambung. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
5. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan Bola Voli. |
Peserta didik dapat menentukan salah satu faktor keberhasilan servis. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
6. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan Bola Voli. |
Peserta didik dapat menentukan posisi awal kaki yang benar pada saat akan melakukan servis bawah Bola Voli. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
7. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan Bola Voli. |
Peserta didik dapat menentukan bentuk arah bola yang benar dari hasil melakukan passing bawah Bola Voli.
|
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
7. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan Bola Voli. |
Peserta didik dapat menentukan bentuk arah bola yang benar dari hasil melakukan passing bawah Bola Voli.
|
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
8. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan Bola Basket |
Disajikan gambar permainan Bola Basket , peserta didik dapat menentukan nama teknik 2 pemain basket sedang melakukan perebutan bila yang dilemparkan wasit |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
9. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan Bola Basket |
Peserta didik dapat menentukan pendaratan kaki yang benar setelah melakukan lay-up shoot Bola Basket. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
10. |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan Bola Basket |
Peserta didik dapat menentukan arah putaran bola shooting yang baik. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
11. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Permainan bola besar menggunakan permainan Bola Basket |
Peserta didik dapat menentukan pelepasan bola dari tangan saat passing atau lemparan Bola Basket melalui atas kepala. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
12. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Permainan bola besar menggunakan permainan Bola Basket |
Peserta didik dapat menentukan posisi badan yang benar saat melakukan lay-up shoot Bola Basket |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
13. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menentukan posisi badan yang benar saat kaki tumpu melakukan tumpuan pada papan tumpuan |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
14. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Disajikan gambar lompat jauh,peserta didik dapat menentukan gaya lompat jauh. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
15. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Disajikan data peserta didik dapat menentukan prestasi pelompat jauh.
|
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
16. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menentukan jarak awalan lompat jauh. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
17. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menentukan posisi pinggang yang benar saat di udara pada gerak spesifik lompat jauh gaya menggantung. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
18. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lempar cakram |
Peserta didik dapat menentukan fungsi tangan kiri bila cakram dilempar dengan tangan kanan, |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
19. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lempar cakram |
Peserta didik dapat menentukan Jari yang terakhir menyentuh cakram saat melepar cakram. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
20. |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lempar cakram |
Peserta didik dapat menentukan putaran cakram yang benar apabila melempar menggunakan tangan kanan. |
Buku penjaskelas 8 pegangan siswa |
||
|
|
|
|
|
|||
1 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli |
Peserta didik dapat menuliskan perkenaan Bola Voli pada tangan yang benar pada saat passing bawah |
|||
|
|
|
|
|
|||
2 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli |
Peserta didik dapat menuliskan selisih skor pertandingan Bola Voli berakhir pada set tertentu. |
|||
|
|
|
|
|
|||
3 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli |
Peserta didik dapat menuliskan pemain khusus yang bertugas memberikan bola ke smasher |
|||
|
|
|
|
|
|||
4 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola basket |
Peserta didik dapat menuliskan fungsi tangan kiri pada permainan bola basket apabila drible menggunakan tangan kanan, |
|||
|
|
|
|
|
|||
5 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola basket |
Peserta didik dapat menuliskan nama pelanggaran setelah bola melewati garis tengah, kemudian dioperkan lagi ke belakang melewati garis tengah. |
|||
|
|
|
|
|
|||
6 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola basket. |
Peserta didik dapat menuliskan lama permainan bola basket satu babak atau kwarter.. |
|||
|
|
|
|
|
|||
7 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menuliskan nama lain lompat tinggi gaya menggantung |
|||
7 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menuliskan nama lain lompat tinggi gaya menggantung |
|||
|
|
|
|
|
|||
8 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menuliskan junlah hak kesempatan melompat bagi pelompat jauh. |
|||
|
|
|
|
|
|||
9 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lempar cakram |
Peserta didik dapat menuliskan kaki tumpuan loampat jauh. |
|||
|
|
|
|
|
|||
10 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lempar cakram |
Peserta didik dapat Agar cakram tidak jatuh saat diayunkan. |
|||
|
|
|
|
|
|||
1 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau radicional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau radicional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli |
Peserta didik dapat menuliskan definisi pivot |
|||
|
|
|
|
|
|||
2 |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
Permainan bola besar menggunakan permainan bola voli |
Peserta didik dapat menuliskan 3 kriteria pukulan dikatakan smash pada permainan Bola Voli |
|||
|
|
|
|
|
|||
3 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menggambarlapangan lompat jauh beserta ukurannya. |
|||
|
|
|
|
|
|||
4 |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak fundamental salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar). |
Lompat jauh |
Peserta didik dapat menuliskan 2 faktor yang menyebabkan pelompat diskualifikasi. |
|||
Kembali ke Atas
Info Sekolah Lainnya :